Penggal Bayang Bencana

PENJELASAN SINGKAT TENTANG FILM
UNTUK LOMBA FILM PENDEK DRR PMI TAHUN 2012

JUDUL FILM
“PENGGAL BAYANG BENCANA”
PRODUKSI
TEATER ASBA SMP NEGERI 23 PURWOREJO — JAWA TENGAH

A. Ide
Indonesia senantiasa dibayangi oleh bermacam-macam bencana alam, baik akibat ulah manusia sendiri, maupun karena ketentuan Allah. Bayang bencana itu perlu disikapi dengan tindakan nyata untuk mengurangi risiko bencana, menjaga alam, dan melestarikan alam secara bertanggung jawab demi kesejahteraan hidup umat manusia.

B. Sinopsis
Gemuruh bencana menimpa manusia. Alam murka kepada manusia. Semua karena ulah manusia sendiri, yang tak sadari alam juga butuh cinta.
Akibat bencana alam orang-orang menderita. Korban berjatuhan. Merebak pula tempat-tempat pengungsian. Penderitaan, kelaparan, penyakit mendera. Saat begitu sangat dibutuhkan kesabaran, ketabahan, kekuatan iman, dan doa yang tiada henti. Namun perlu juga janji terpateri untuk tidak mengulang lagi sewenang-wenang terhadap alam seisinya. Kemudian bertindak nyata menjaga alam seisinya, melestarikannya, dan memanfaatkannya secara bertanggung jawab.
Di antaranya, bertanggung jawab atas kebersihan sungai dan lingkungannya. Tidak membuang sampah atau limbah di sungai. Saling mengingatkan jika membuang sampah di sungai itu dapat menyumbat aliran air sungai yang akan berakibat banjir. Jika ternyata masih menjumpai sampah di sungai atau di lingkungan suangai, perlu bergotong royong dengan penuh kesadaran untuk membersihkan sungai dan lingkungannya itu dari sampah.
Bertanggung jawab pula terhadap kelestarian hutan, terhadap pepohonan yang tumbuh di perbukitan atau di tempat-tempat lain. Terus menggalakkan penghijauan, penanaman pohon-pohon baru di tanah-tanah yang masih gersang atau belum ditanami pohon penguat tanah.
Bertanggung jawab dalam menggunakan sumber daya alam, termasuk air. Menjaga kebersihan air dan menghemat penggunaannya merupakan upaya untuk mengurangi risiko bencana polusi air dan bencana kekeringan.
Unsur alam yang lain adalah api. Sangat perlu berhati-hati saat menggunakannya. Bencana kebakaran akan melanda saat ada keteledoran dalam menggunakan api.
Semua itu bergantung kepada kita, kesadaran kita untuk mengurangi risiko bencana. Memang jika Tuhan telah berkehendak menghukum manusia dengan bencana, manusia tidak bisa menolaknya. Namun manusia tetap harus berikhtiar agar bencana menjauh dari manusia.

Purworejo, 14 November 2012
Peserta Lomba Film Pendek DRR PMI,

Teater Asba SMP Negeri 23 Purworejo

1. Anis Yulita — Koordinator/Ketua Kelompok
2. Alfida Niarta Sisdiatpama — Anggota
3. Gita Fitriani — Anggota
4. Haryati Mustika — Anggota
5. Winarti – Anggota

Tulislah Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: