Lomba Mengarang Cerita Pendek untuk Siswa SD/MI se-Kabupaten Purworejo Tahun 2013

LOMBA MENGARANG CERITA PENDEK

UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

SE-KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2013

DALAM RANGKA TRIDASAWARSA SMP NEGERI 23 PURWOREJO

 Dasar Pemikiran

Realisasi pendidikan pada jenjang pendidikan dasar yang berorientasi pada kemampuan peserta didik untuk berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah perlu dilaksanakan dan dilatihkan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, pengembangan karakter, kecerdasan, kecakapan, berpikir kritis, kreativitas, inovasi, dan kompetisi harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan potensi peserta didik. Upaya peningkatan hal-hal tersebut perlu diimbangi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahaesa, serta penghayatan terhadap nilai-nilai budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Salah satu media dalam upaya peningkatan dan pengimbangan tersebut adalah karya sastra cerita pendek.

Berdasarkan pemikiran tersebut, dalam rangka peringatan Tridasawarsa, SMP Negeri 23 Purworejo menyelenggarakan Kegiatan Lomba Mengarang Cerita Pendek untuk Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 2013.

Tujuan:

a. Mengembangkan karakter, kecerdasan, kecakapan, berpikir kritis, kreativitas, inovasi, dan kompetisi diimbangi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahaesa, serta penghayatan nilai-nilai budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat melalui mengarang cerita pendek bagi siswa SD/MI.

b. Memberi motivasi kepada siswa SD/MI untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis sejak dini.

Tema Cerita Pendek:

Membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, Berkarakter, Cerdas, Cakap, Kritis, Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif pada Era Global

Peserta Lomba:

Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten Purworejo, kelas IV, V, atau VI dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.

Ketentuan Lomba:

  1. Setiap Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah hanya diperbolehkan mengirimkan peserta 1 siswa (boleh putri, boleh putra), kelas IV, V, atau VI dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menerangkan bahwa: a. peserta benar-benar siswa (kelas IV, V, atau VI) di sekolah yang bersangkutan; b. cerpen yang diikutkan lomba benar-benar asli ciptaan sendiri siswa tersebut.
  2. Peserta membuat cerita pendek di sekolahnya masing-masing..
  3. Cerita pendek yang sudah jadi dikirimkan langsung ke SMP Negeri 23 Purworejo, Jalan Gajah Mada, Desa Besole, Kecamatan Bayan, Purworejo 54223 atau melalui jasa pos.
  4. Ketentuan pengiriman cerpen:
  • dibendel dengan rapi beserta Surat Keterangan dari Kepala Sekolah
  • diberi cover (sampul depan) bertuliskan: judul cerpen, nama pengarang, kelas, tempat dan tanggal lahir, nama sekolah, alamat lengkap sekolah, nomor HP pengarang (bila memiliki), nama guru pembimbing, nomor HP guru pembimbing
  • dimasukkan ke dalam amplop

5. Dari seluruh peserta akan dipilih 5 finalis untuk menentukan kejuaraan.

6. Finalis akan diundang untuk mengikuti wawancara pertanggungjawaban atas cerpen yang diciptakannya. Jika dalam wawancara diketahui bahwa cerita pendek finalis bukan hasil ciptaan sendiri, cerita pendek finalis tersebut dinyatakan gugur.

7. Pakaian yang dikenakan finalis pada saat wawancara adalah pakaian seragam sekolah.

8. Ketentuan khusus untuk cerita pendek:

    • Cerita pendek ditulis tangan di kertas folio bergaris, tidak bolak-balik, atau diketik komputer di kertas HVS (ukuran folio) dengan spasi 1,5 dan huruf Times New Roman ukuran 12
    • Panjang cerita pendek 4 – 6 halaman
    • Cerita pendek ditulis dengan menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    • Cerita pendek diberi judul yang sesuai dengan isi cerita.
    • Isi cerita pendek harus sesuai dengan tema.
    • Isi cerita pendek harus sesuai dengan tata nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat serta tidak mengandung unsur SARA.
    • Aspek penilaian yang perlu diperhatikan peserta dalam membuat cerita pendek:

i.      Kesesuaian judul dengan isi cerita

ii.      Struktur, pengisahan, dan bahasa

iii.      Kesesuaian isi cerita dengan tema

iv.      Keaslian dan kreativitas

Penyerahan Naskah, Pengumuman Finalis, dan Babak Final:

Naskah cerita pendek diserahkan ke panitia mulai Senin, 25 November 2013 sampai dengan Rabu, 11 Desember 2013 pada jam dinas sekolah. Naskah diserahkan langsung (bisa juga melalui jasa pos) dialamatkan ke Panitia Lomba Mengarang Cerita Pendek Tridasawarsa SMP Negeri 23 Purworejo, d.a. Perpustakaan SMP Negeri 23 Purworejo, Jalan, Gajah Mada, Besole, Bayan, Purworejo 54223.

Pengumuman finalis pada hari Minggu, 15 Desember 2013 melalui:

  1. Internet dengan alamat www.teaterasbasmpnegeri23purworejo.wordpress.com dan   www.kasihsayangspenduga.blogspot.com
  2. Pengiriman SMS ke nomor HP peserta/nomor HP guru pembimbing

Kegiatan final/wawancara pertanggungjawaban finalis pada hari Selasa, 17 Desember 2013, mulai pukul 08.00 di Perpustakaan SMP Negeri 23 Purworejo.

Kejuaraan, Hadiah, Pengumuman Kejuaraan, dan Penyerahan Hadiah:

Ditetapkan Juara I, II, III, Harapan I, dan Harapan II. Hadiah berupa trophi, piagam, dan buku-buku cerita untuk Juara I, II, dan III, sedangkan untuk Juara Harapan berupa piagam dan buku-buku cerita. Pengumuman kejuaraan dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada acara Resepsi Peringatan Tridasawarsa SMP Negeri 23 Purworejo, Sabtu, 21 Desember 2013, pukul 19.00 di SMP Negeri 23 Purworejo.

Dewan Juri:

Dewan juri adalah sastrawan (cerpenis) dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

                                                                              Purworejo, 20 November 2013

                                                                              Seksi Lomba Mengarang Cerita Pendek

Tridasawarsa SMP Negeri 23 Purworejo

2 responses to this post.

  1. Kalau mengirim lebih dari 1 siswa dalam 1 sekolah boleh apa tidak ya? siswa kami banyak.. tiap kelas ada 2 rombel

    Balas

    • Posted by teaterasbasmpnegeri23purworejo on 27 November 2013 at 11:30

      Berdasarkan hasil rapat panitia, sudah diputuskan 1 sekolah mengirimkan 1 peserta. Namun demikian jika nanti sampai batas waktu tertentu yang ditentukan panitia, jumlah peserta yang ikut belum memenuhi kuota, kami akan memperbolehkan 1 sekolah mengirim lebih dari 1 peserta (maksimal 3 peserta). Kami sarankan tiap SD/MI mempersiapkan terlebih dahulu. Batas waktu kuota akan kami sampaikan menyusul di blog ini atau lewat telepon.

      Balas

Tulislah Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: